ADB Rilis Laporan Statistik Asia dan Pasifik

0
27
News Release | 8 September 2017

MANILA, FILIPINA (8 September 2017) — Asian Development Bank (ADB) telah merilis Key Indicators for Asia and the Pacific edisi 2017. Laporan ini berisikan data statistik terbaru di bidang ekonomi, keuangan, sosial, dan lingkungan di 48 negara anggota ADB di Asia dan Pasifik.

Key Statistics 2017 akan menjadi alat yang berguna bagi negara anggota ADB, peneliti, media, dan masyarakat untuk memantau kemajuan pembangunan di kawasan ini,” kata Yasuyuki Sawada, Ekonom Kepala ADB. “Data berperan penting dalam membantu pengambil keputusan memprioritaskan kebijakan guna memenuhi sasaran pembangunannya, serta mengumpulkan   perbandingan statistik untuk  berbagai tema pembangunan.”

Dalam laporan tahun ini, terdapat tambahan penting, yaitu  analisis mengenai data yang dipilah menurut jenis kelamin, yang dilakukan peneliti ADB melalui 3 survei uji coba. Meskipun sudah ada bukti kuat yang mengaitkan kepemilikan aset oleh perempuan dengan pencapaian sasaran pembangunan, namun data yang dipilah menurut jenis kelamin seperti ini masih jarang, padahal data tersebut diperlukan untuk memantau kemajuan Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG). Survei uji coba tersebut menghasilkan banyak data mengenai kepemilikan aset di tingkat individu dan memberikan pelajaran berharga bagi penelitian statistik ke depannya terkait dengan hal tersebut.

Materi lainnya dalam laporan tahun ini mencakup:

  • Indikator SDG di Asia dan Pasifik: Laporan ini mengamati kemajuan di bawah  lima tema — manusia, bumi, kemakmuran, perdamaian, dan kemitraan.
  • Tren dan tabel kawasan mencakup indikator delapan tema — manusia; ekonomi dan keluarannya; uang, keuangan, dan harga; globalisasi; transportasi dan komunikasi; energi dan kelistrikan; lingkungan; serta pemerintah dan tata kelola.
  • Tabel dan data yang diperbarui untuk statistik Rantai Nilai Global (Global Value Chain), yang pertama kali diperkenalkan dalam Key Indicators 2015.
  • Tabel negara individu yang telah diperbarui untuk ke-48 negara anggota ADB tersedia online.

Bersamaan dengan rilis ini, pangkalan data statistik  online ADB juga telah diperbarui. Kunjungi adb.org atau klik di sini untuk mendapatkan akses langsung ke Key Indicators for Asia and the Pacific.

ADB, yang berbasis di Manila, dikhususkan untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan yang menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan integrasi kawasan. Didirikan tahun 1966, ADB telah menandai 50 tahun kemitraan pembangunan di kawasan ini. ADB dimiliki oleh 67 anggota—48 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik. Pada 2016, total bantuan ADB mencapai $31,7 miliar, termasuk $14 miliar dalam bentuk pembiayaan bersama (cofinancing).

LEAVE A REPLY